Langsung ke konten utama

Ada Pelangi Abu di Sini


Menelusuri Komunitas Gay dan Lesbi di Kota Mataram

Chapter I

Aku Terjebak

Jam tangan saya masih menunjukkan pukul 01.15 Wita, matahari terasa sangat menyengat. Jalan Pemuda masih sangat padat, hampir di setiap gerbang sekolah yang berderet di sepanjang jalan utama ini penuh oleh kerumunan siswa yang jadwal pulang sekolahnya hampir bersamaan.
“Ayo bro… orangnya udah siap diajak ngobrol,” isi whatsapp dari seorang teman yang sudah hampir sebulan ini selalu menemani saya mengunjungi dan berkenalan dengan anggota komunitas “Cowok Brondong Mataram”. 
Komunitas ini dibuat untuk berkenalan sesama gay yang ada di kota Mataram, itu pengakuan admin grup facebook ini.

***

Dia adalah orang yang pertama kali saya temui. Sekaligus membuka jalan bagi saya untuk mengenal lebih dalam komunitasnya. Sebelum ngobrol ia menceramahi kami tentang perbedaan gay dan banci. Menurutnya, menjadi gay adalah wajar saja. Lelaki yang orientasi seksnya mengalami penyimpangan (jiwa), sedangkan banci adalah lelaki yang orientasi seks dan perilakunya mengalami penyimpangan. Nanti akan saya tulis belakangan ceritanya. Berikut cerita pertemuan kami dengan seorang narasumber yang bersedia dituliskan ceritanya.

***
Tak butuh waktu lama, saya sampai di salah satu café yang ada di dalam Lombok Epicentrum Mall. Teman saya sudah menunggu. Baru saja saya membakar rokok, seorang pemuda, tubuhnya tidak terlalu tinggi. Kulitnya sawo matang dengan rambut sedikit ikal.
“Kenalkan saya M,” ujarnya dengan senyuman ramah dengan logat khas pulau seberang. Ia adalah orang ketiga yang bersedia saya temui dan bersedia ditulis ceritanya.
Pemuda kelahiran pulau sebelah timur Lombok ini mengaku kuliah di sebuah kampus swasta yang dikelola organisasi keagamaan terbesar kedua di Indonesia.
“Jujur mas, aku ingin kembali normal, dan jauh dari dunia gay ini,” ujarnya membuka pembicaraan. Malah sudah tiga kali berpacaran dengan cewek tapi akhirnya putus. Padahal aku ingin serius, katanya.
Aku mulai sering ketemuan sejak di Mataram, tiga tahun lalu, saat pertama masuk kampus, dan biasanya berkenalan di facebook atau BBM, lanjutnya. Pertemuan pertama kali diajak oleh temanku satu daerah, ia mengaku kepadaku gay. Dialah yang pertama kali mengenalkan dunia gay. Kami berteman akrab tiga orang. Dua orang temanku ini sudah lama bergaul dengan komunitas gay di Mataram, tambahnya.
Kapan pertama kali kamu merasa kamu gay?
“Pertama kali sih, waktu SMA kelas 3,” ujarnya sambil tersenyum mengingat masa lalunya. Dulu aku pernah ngefans banget sama adik kelasku, dia anaknya tinggi, putih, dan mukanya sedikit berjerawat, pokoknya terlihat macho. Kami akrab menjelang lulus sekolah, katanya.
Dia sering mengantarku berbelanja untuk kebutuhan warung dirumah saat pulang sekolah.
ada yang promosikan diri.
 “Aku sering mengintip dari jendela kelas, tidak melihatnya sehari terasa aneh,”katanya sambil menyeruput es kopi pesanannya.
Pokoknya aku senang saja, awalnya dikenlin saya kenal sama temennya, tapi saya juga bingung kenapa saya suka liat dia dan sampai sekarang masih sering telponan. Anaknya sekolah kesehatan di pulau Jawa, lanjutnya.
Kalau sekarang kamu punya pasangan yang serius nggak?
Kemarin ada, tapi udah 3 mingguan nggak komunikasi. Kenalan lewat BBM juga, tapi akhirnya kami sempat berantem dan akhirnya aku memutuskan untuk tidak menghubunginya lagi, katanya. Kalau sekarang sih, ada di kampus. Orangnya ganteng, tubuhnya tidak terlalu tinggi dan badannya sedikit gemuk. Dia masih semester 5, lanjutnya. Saya jatuh cinta sama si dia, dia kuliah di bali. Kenalnya di BBM, saya merasa cocok dengan dia. Namanya Pablo (bukan nama sebenarnya)
Kamu punya pengalaman masa kecil yang buruk?
Tidak sama sekali, masa kecil saya normal, tidak ada yang aneh. Bermain bersama teman selayaknya anak kecil. Aku anak kelima dari 7 bersaudara. Malah masa kecil aku termasuk anak yang aktif,jawabnya.
Kamu pernah berpikir untuk mengukapkan pilihanmu?
Tidak sama sekali, aku biasanya tertutup untuk masalah yang ini. Hanya terbuka pada teman akrab dan paling sama teman di grup facebook saja, ujarnya sembari sibuk membuka hp androidnya dan menunjukkan foto saat mereka berkumpul di salah satu tempat hiburan di Senggigi.

“Jujur mas, saat aku sedang sholat kadang ada beban yang sangat berat.
tempat curhat
Rasanya berdosa sekali, dan salah satu doaku adalah bagaimana caranya untuk tidak seperti ini lagi. Tapi godaannya besar sekali. Dari  facebook, bbm, mungkin itu juga yang membuatku agak susah untuk berhenti, ujar tertahan. Sepertinya ada beban besar yang ditahannya.
Kamu pernah berpikir untuk menikah sesama jenis? Tentu saja tidak, dan aku sangat tidak setuju pernikahan sejenis. Ini bertentangan dengan nilai agama. Khsususnya yang beragama Islam. Aku begini juga entah kenapa, benar-benar bingung dengan jalan hidup ini.
Tapi satu hal mas, sebenarnya aku ingin berteman dengan tulus, tidak hanya butuh pas lagi butuh saja. Sama-sama mengerti saling membutuhkan. Bukan sekedar “seks” saja. Dan yang terpenting, aku ingin terlihat normal di mata orang lain.
Satu lagi nih, menurut kamu gay itu menular nggak sih?
“Hmmmmmm….. Bisa jadi?? Contohnya aku. Aku merasa tertular sama teman.
Pengaruh teman bergaul sangat besar, pungkasnya.
Kamu punya pesan nggak terhadap mereka yang ingin coba-coba menjalani hidup gay?
Satu aja, jangan pernah mencoba sesuatu yang kamu tidak tahu, nanti akan merugikan diri sendiri. Jangan coba coba masuk ke dunia gay kalau kamu tidak tidak bisa menahan diri, ujarnya.
Terima kasih ya sudah meluangkan waktunya.
“Sama-sama mas, aku senang ada yang mau mendengar ceritaku. Mudahan saja setelah ini ditulis tidak ada lagi yang terjebak seperti aku, ujarnya sembari menyalami kami.

***
Mendung mulai menyelimuti kota Mataram, dari kejauhan suara adzan Ashar. Saya memutuskan untuk pulang duluan. Teman saya memilih untuk mencari tiket bioskop menonton film Inferno yang sedang tayang di bioskop 21. Saya masih punya empat tulisan, dua sedang menunggu persetujuan narsum untuk dipublish...

Capture perbincangan di grup facebook "Cowok Brondong Mataram" yang diikuti oleh "M". file dikirimkan melalui WA sehari setelah wawancara. 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Ujian UT ISIP4112 | Pengantar Ilmu Ekonomi dan Kunci Jawaban

1. Jika harga suatu barang turun, maka permintaan akan barang tersebut naik. Pernyataan tersebut termasuk dalam bahasan ekonomi …. a. positif b. normatif c. deskriptif d. teori Jawab: a. benar 2. Sistem ekonomi pasar berbasiskan pada .... a. Peraturan pemerintah b. Kekuasaan kepemilikan sumber daya atau factor produksi kepada rakyat yang diwakilkan melalui pemerintah c. Kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi d. Sistem ekonomi sosialis dimana pemerintah membuat semua kebijakan ekonomi Jawab: c. benar 3. Melarang monopoli dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat dari aktivitas ekonomi merupakan fungsi pemerintah dalam hal ... a. Mengoreksi kegagalan pasar demi efisiensi b. Membuat program untuk melakukan pemerataan pendapatan c. Membuat kebijakan moneter d. Mengoreksi kebijakan sebelumnya Jawab: a. benar 4. Pernyataan hukum permintaan yang paling tepat adalah .... a. Jika harga suatu jenis barang semakin

Soal Ujian UT SKOM4101 || Pengantar Ilmu Komunikasi Beserta Kunci Jawaban

1. Komunikasi dapat diakatakan sebagai urat nadi kehidupan manusia karena .... A. manusia melakukan kegiatan komunikasi sejak lahir B. komunikasi dilakukan oleh manusia secara terus menerus selama proses kehidupan C. komunikasi membuat seseorang menjadi tidak terasing dengan lingkungannya D. komunikasi membuat seseorang mampu mengenali diri sendiri Jawab: B. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 2. Ada beberapa definisi tentang komunikasi, salahsatu definis tersebut menjelaskan bahwa pada dasarnya komunikasi memiliki lima komponen yaitu sumber, pesan, media, khalayak dan dampak. Definisi tersebut dikemukakan oleh .... A. Barlnlund B. Weaver C. Shanon D. Lasswell Jawab: D. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 3. Ciri yang melekat pada komunikasi yang bersifat transaksional adalah ... A. adanya penggunaan lambang-lambang dalam kegiatan komunikasi B. pelaku komunikasi tidak harus hadir dalam satu ruangan C. komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan tujuan dari para

Perbedaan antara Ejaan Van Ophuijsen, Ejaan Suwandi, dan EYD

1            Ejaan Van Ophuijsen mempunyai ciri-ciri khusus diantaranya: 1)        Masih menggunakan huruf/   j /   untuk bunyi huruf / y /  seperti contoh  yang  atau  Sayang   ditulis dengan    jang, sajang. 2)        Masih menggunakan huruf  / oe/   untuk untuk bunyi huruf / u/  seperti kata  itu  dan  guru  ditulis dengan  itoe  dan  guroe . 3)        Masih Menggunakan Tanda diakritik, seperti koma ain / ’ / seperti contoh  ma’moer, ‘akal,  dan huruf  / k / ditulis dengan tanda / ’ / pada akhir kata misalnya  bapa’ , ta’ 4)        Jika pada suatu kata berakhir dengan huruf / a / mendapat akhiran / i /, maka di atas akhiran itu diberi tanda trema / ’ /    ta’, pa’, dinamai’ 5)         Huruf / c / yang pelafalannya keras diberi tanda / ’ / diatasnya. 6)        Kata ulang diberi angka 2, misalnya:  jalan2  ( jalan - jalan ) 7)         Kata majemuk dirangkai ditulis dengan 3 cara : a.         Dirangkai menjadi satu, misalnya /hoeloebalang, apabila/, dsb. b.