Langsung ke konten utama

Kemenkes dan Blogger Bersatu

Foto bersama para blogger dengan pihak Kementerian Kesehatan

| Kampanyekan Germas  |  Tangkal Hoax Dunia Kesehatan |

Indonesia sedang menghadapi pergeseran pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular (PTM). Salah satu yang menjadi masalah yang sedang dihadapi adalah hipertensi yang disebut sebagai the silent killer.
Demikian disampaikan oleh dr. Birry Karim, salah satu pemateri dalam acara Temu Blogger Kesehatan yang digelar Kementerian Kesehatan di Ballroom Senggigi, Hotel Aston In Mataram, Jumat 14 Juli 2017, lalu.
Kemenkes menyebutkan adanya kenaikan serta perubahan pola penyakit katastropik di Indonesia. Penyakit katastropik, merupakan penyakit yang membutuhkan biaya tinggi untuk pengobatan dan secara komplikasi dapat membahayakan jiwa penderitanya. Perubahan pola gaya hidup masyarakat sebagai penyebab utamanya. Yang lebih mengkhawatirkan jika dulu kebanyakan menyerang orang tua, kini anak muda juga terancam mengalaminya.

dr. Birry Karim menyampaikan materinya 

Penyakit katastropik diantaraya adalah penyakit jantung dan kardiovaskular, stroke, kanker, gagal ginjal, dan hipertensi. Menurut data Kemenkes, jumlah pengidap penyakit ini sudah lebih dari seperempat penduduk Indonesia, tepatnya 25,8 persen. 
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr Untung Suseno Sutarjo, M.Kes  dalam sambutannya mengatakan hingga tahun ini, sudah hampir 175 juta penduduk Indonesia telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. Jumlah ini lebih kurang 70% penduduk Indonesia. Dan pemerintah menargetkan semuanya tuntas pada tahun 2019.
“Usaha untuk merubah pola pikir masyarakat tentang bagaimana hidup sehat terus dilakukan,” ungkapnya.
Sejak tahun 2015 menggagas Gerakan Masyarakat Sehat disingkat Germas. Ini termasuk dalam upaya mengkampanyekan pola hidup sehat yang dapat dilakukan dalam lingkup terkecil dari lingkungan keluarga.
Germas merupakan gerakan bersama. Maka, tak ada alasan untuk tidak mendukung program ini, ungkap Imran Fatoni salah seorang blogger yang ikut kegiatan ini. Gerakan masyarakat hidup sehat.  Kunci dari sehat adalah pikiran yang jernih dan selalu positif.

Sekjen Kementrian Kesehatan dr Untung Suseno Sutarjo, M.Kes menyampaikan sambutan
Fokus utama Germas adalah adalah dengan memenuhi angka kecukupan gizi di masyarakat. Caranya dengan olahraga teratur, konsumsi sayur dan buah, serta memeriksa kesehatan secara berkala. Ini merupakan program utama Kemenkes di tahun 2017 ini.
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH dalam sambutannya mengungkapkan pelibatan blogger dan para pegiat sosial media menjadi upaya untuk memperkuat kampanye program ini, juga sebagai upaya menangkal hoax yang berseliweran di dunia maya.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH (berdiri) Sekjen Kemenkes dr Untung Suseno Sutarjo, M.Kes (tengah) dan Kepala Dinas Kesehatan Prov. NTB dr Nurhandini Eka Dewi, Sp. A

Untuk Nusa Tenggara Barat, pihak pemerintah sudah bergerak seirama dengan Kemenkes untuk suksesnya program ini. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dr Nurhandini Eka Dewi, Sp. A menyambut baik program ini sebab dinilai sangat membantu masyarakat. Mari kita dukung bersama ungkapnya. (*)

Wefie beberapa orang peserta acara.


Eka Fitriani, salah seorang peserta dari Blogger menyampaikan pertanyaan.

Komentar

  1. Ayo masyarakatkan GERMAS, btw sy bru tw nama aseli side om 😂

    BalasHapus
  2. asek.. asek... yuk sukseskan GERMAS dan jalani hidup dengan CERDIK
    salam blogger NTB dan salam Hoki

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Ujian UT ISIP4112 | Pengantar Ilmu Ekonomi dan Kunci Jawaban

1. Jika harga suatu barang turun, maka permintaan akan barang tersebut naik. Pernyataan tersebut termasuk dalam bahasan ekonomi …. a. positif b. normatif c. deskriptif d. teori Jawab: a. benar 2. Sistem ekonomi pasar berbasiskan pada .... a. Peraturan pemerintah b. Kekuasaan kepemilikan sumber daya atau factor produksi kepada rakyat yang diwakilkan melalui pemerintah c. Kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi d. Sistem ekonomi sosialis dimana pemerintah membuat semua kebijakan ekonomi Jawab: c. benar 3. Melarang monopoli dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat dari aktivitas ekonomi merupakan fungsi pemerintah dalam hal ... a. Mengoreksi kegagalan pasar demi efisiensi b. Membuat program untuk melakukan pemerataan pendapatan c. Membuat kebijakan moneter d. Mengoreksi kebijakan sebelumnya Jawab: a. benar 4. Pernyataan hukum permintaan yang paling tepat adalah .... a. Jika harga suatu jenis barang semakin

Soal Ujian UT SKOM4101 || Pengantar Ilmu Komunikasi Beserta Kunci Jawaban

1. Komunikasi dapat diakatakan sebagai urat nadi kehidupan manusia karena .... A. manusia melakukan kegiatan komunikasi sejak lahir B. komunikasi dilakukan oleh manusia secara terus menerus selama proses kehidupan C. komunikasi membuat seseorang menjadi tidak terasing dengan lingkungannya D. komunikasi membuat seseorang mampu mengenali diri sendiri Jawab: B. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 2. Ada beberapa definisi tentang komunikasi, salahsatu definis tersebut menjelaskan bahwa pada dasarnya komunikasi memiliki lima komponen yaitu sumber, pesan, media, khalayak dan dampak. Definisi tersebut dikemukakan oleh .... A. Barlnlund B. Weaver C. Shanon D. Lasswell Jawab: D. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 3. Ciri yang melekat pada komunikasi yang bersifat transaksional adalah ... A. adanya penggunaan lambang-lambang dalam kegiatan komunikasi B. pelaku komunikasi tidak harus hadir dalam satu ruangan C. komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan tujuan dari para

Perbedaan antara Ejaan Van Ophuijsen, Ejaan Suwandi, dan EYD

1            Ejaan Van Ophuijsen mempunyai ciri-ciri khusus diantaranya: 1)        Masih menggunakan huruf/   j /   untuk bunyi huruf / y /  seperti contoh  yang  atau  Sayang   ditulis dengan    jang, sajang. 2)        Masih menggunakan huruf  / oe/   untuk untuk bunyi huruf / u/  seperti kata  itu  dan  guru  ditulis dengan  itoe  dan  guroe . 3)        Masih Menggunakan Tanda diakritik, seperti koma ain / ’ / seperti contoh  ma’moer, ‘akal,  dan huruf  / k / ditulis dengan tanda / ’ / pada akhir kata misalnya  bapa’ , ta’ 4)        Jika pada suatu kata berakhir dengan huruf / a / mendapat akhiran / i /, maka di atas akhiran itu diberi tanda trema / ’ /    ta’, pa’, dinamai’ 5)         Huruf / c / yang pelafalannya keras diberi tanda / ’ / diatasnya. 6)        Kata ulang diberi angka 2, misalnya:  jalan2  ( jalan - jalan ) 7)         Kata majemuk dirangkai ditulis dengan 3 cara : a.         Dirangkai menjadi satu, misalnya /hoeloebalang, apabila/, dsb. b.