Langsung ke konten utama

Bitter Harvest, Sejarah Kelam Komunis dan Revolusi Bolshevic


Film yang menceritakan tragedi genosida oleh komunis Soviet ini dikemas apik, hampir sama dengan film “Titanic”. Kisah cinta yang dibungkus dengan air mata dan perpisahan. Di film ini menceritakan seorang pasangan yang harus terpisah karena perang dan pemberontakan. 
Dimulai dengan kisah cinta segitiga antara Yuri Katchianuk dari Smila, kekasihnya Natalka dan sahabat mereka Mykola yang setelah terjadi peperangan pindah ke kota dan berusaha menjadi patriot Ukraina sekaligus seorang Komunis. Mykola memilih bunuh diri karena akan ditangkap tentara karena kedoknya ketahuan. Film ini kemudian memaksa kita untuk menyelami sisi kelam pemberontakan Komunis Soviet dan sejarah kelam pembunuhan jutaan orang di Ukraina. 
“Bitter Harvest” diklaim sebagai film yang berani mengungkapkan “rahasia tergelap Rusia dan Komunis”. Film berlatar 1930-an saat sentimen anti-Rusia mencapai titik tertinggi sejak perang dingin. Peristiwa yang dikenal dengan Holodomor, yakni peristiwa pembunuhan dan kelaparan terbesar di seluruh kawasan Ukraina. Hampir 7 juta orang mati kelaparan akibat rezim tirani Uni Soviet dibawah pimpinan Joseph Stalin dan Lenin. 25.000 orang perhari dieksekusi dan mati kelaparan, sama dengan 1.000 orang per jam atau 17 orang permenit.

Perjuangan Yuri dimulai dengan perkelahiannya dengan seorang komandan pasukan Rusia di sebuah bar membuat ia harus mendekam di penjara dan teman-temannya di eksekusi mati. Ia tidak di eksekusi mati karena kemampuan melukisnya, seorang opsir penjara memintanya untuk melukis dirinya dengan imbalan diberikan menulis surat terakhir untuk istrinya. Bahkan menggunakan kesempatan itu untuk membunuh opsir itu dengan kuas lukis dan berhasil melarikan diri. 
“Banyak kematian di sekitarku saat ini, tapi memiliki seorang yang masih hidup memberiku dorongan dan harapan, aku akan terus hidup demi kau dan anak kita. Aku yakin kita akan bersama lagi” itulah penggalan isi surat terakhir yang rencana ia kirimkan kepada istrinya.
Dalam pelariannya ia bertemu seorang anak dengan sekelompok pejuang kemerdekaan Ukraina dan terlibat dalam penyergapan rombongan pasukan Soviet. Pelariannya berlanjut dengan kereta api tujuan Ukraina dengan menyelinap di gerbong yang penuh dengan mayat. 
Ia berhasil selamat setelah dibantu oleh seorang mantan tentara merah Soviet yang membelot membela perjuangan rakyat Ukraina. Ia menjemput istrinya yang "ditawan" komandan pasukan Soviet. Kembalinya ia menyulut pemberontakan di kawasannya dan berhasil menghancurkan sebuah penjara dan pos penjagaan tentara Soviet di daerahnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Ujian UT ISIP4112 | Pengantar Ilmu Ekonomi dan Kunci Jawaban

1. Jika harga suatu barang turun, maka permintaan akan barang tersebut naik. Pernyataan tersebut termasuk dalam bahasan ekonomi …. a. positif b. normatif c. deskriptif d. teori Jawab: a. benar 2. Sistem ekonomi pasar berbasiskan pada .... a. Peraturan pemerintah b. Kekuasaan kepemilikan sumber daya atau factor produksi kepada rakyat yang diwakilkan melalui pemerintah c. Kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi d. Sistem ekonomi sosialis dimana pemerintah membuat semua kebijakan ekonomi Jawab: c. benar 3. Melarang monopoli dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat dari aktivitas ekonomi merupakan fungsi pemerintah dalam hal ... a. Mengoreksi kegagalan pasar demi efisiensi b. Membuat program untuk melakukan pemerataan pendapatan c. Membuat kebijakan moneter d. Mengoreksi kebijakan sebelumnya Jawab: a. benar 4. Pernyataan hukum permintaan yang paling tepat adalah .... a. Jika harga suatu jenis barang semakin

Soal Ujian UT SKOM4101 || Pengantar Ilmu Komunikasi Beserta Kunci Jawaban

1. Komunikasi dapat diakatakan sebagai urat nadi kehidupan manusia karena .... A. manusia melakukan kegiatan komunikasi sejak lahir B. komunikasi dilakukan oleh manusia secara terus menerus selama proses kehidupan C. komunikasi membuat seseorang menjadi tidak terasing dengan lingkungannya D. komunikasi membuat seseorang mampu mengenali diri sendiri Jawab: B. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 2. Ada beberapa definisi tentang komunikasi, salahsatu definis tersebut menjelaskan bahwa pada dasarnya komunikasi memiliki lima komponen yaitu sumber, pesan, media, khalayak dan dampak. Definisi tersebut dikemukakan oleh .... A. Barlnlund B. Weaver C. Shanon D. Lasswell Jawab: D. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 3. Ciri yang melekat pada komunikasi yang bersifat transaksional adalah ... A. adanya penggunaan lambang-lambang dalam kegiatan komunikasi B. pelaku komunikasi tidak harus hadir dalam satu ruangan C. komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan tujuan dari para

Perbedaan antara Ejaan Van Ophuijsen, Ejaan Suwandi, dan EYD

1            Ejaan Van Ophuijsen mempunyai ciri-ciri khusus diantaranya: 1)        Masih menggunakan huruf/   j /   untuk bunyi huruf / y /  seperti contoh  yang  atau  Sayang   ditulis dengan    jang, sajang. 2)        Masih menggunakan huruf  / oe/   untuk untuk bunyi huruf / u/  seperti kata  itu  dan  guru  ditulis dengan  itoe  dan  guroe . 3)        Masih Menggunakan Tanda diakritik, seperti koma ain / ’ / seperti contoh  ma’moer, ‘akal,  dan huruf  / k / ditulis dengan tanda / ’ / pada akhir kata misalnya  bapa’ , ta’ 4)        Jika pada suatu kata berakhir dengan huruf / a / mendapat akhiran / i /, maka di atas akhiran itu diberi tanda trema / ’ /    ta’, pa’, dinamai’ 5)         Huruf / c / yang pelafalannya keras diberi tanda / ’ / diatasnya. 6)        Kata ulang diberi angka 2, misalnya:  jalan2  ( jalan - jalan ) 7)         Kata majemuk dirangkai ditulis dengan 3 cara : a.         Dirangkai menjadi satu, misalnya /hoeloebalang, apabila/, dsb. b.