Langsung ke konten utama

Kampung Kertas bukan Perahu Kertas


Keriuhan anak-anak yang sedang asyik membaca menyambut kedatanganku pagi itu, di gerbang kayu berhiaskan dedauan dari tumbuhan yang merambat  mulai rimbun. Disitu tertulis “Kampung Kertas”. Ya… itulah basecamp tempat berkumpulnya puluhan pemuda yang menginisiasi terbentuknya komunitas literasi dan taman baca.
Yup… Minggu 2 April 2017 saya diajak seorang teman dari komunitas “Buku Ini Aku Pinjam” untuk menyambangi kampung buku yang sudah mulai terbentuk sejak 2014 ini. Senyum ramah tuan rumah menyambut kedatanganku, kopi langsung terhidang. “Apa kabar… akhirnya sampai juga di tempat kami,” sambut Bang Adek, salah satu pegiat di komunitas ini. Puluhan anak-anak usia sekolah dasar memenuhi bangku kayu asyik membaca dan bercengkrama dengan kakak-kakak dari Komunitas BIAP. 
Komunitas Kampung Kertas berlokasi di Dusun Medas Bedugul, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari. KRK sebagai komunitas literasi berproses dari bentuk awalnya sebagai “rumah singgah” menjadi komunitas literasi yang berpihak” sejak 2015. Menggunakan rumah Bang Adek salah satu pegiatnya sebagai basecampnya. Meskipun demikian, KRK dibangun dengan proses belajar atas menanamkan literasi ke anak-anak yang tinggal di lingkungan tersebut. Niat itulah yang menjadikan para pegiat komunitas ini meluangkan waktu untuk menyediakan buku-buku dan mengajar anak-anak untuk berbahasa Inggris dan banyak kegiatan literasi lainnya.
Obrolan bersama teman-teman pegiat Komunitas Kampung Kertas berlangsung seru dan santai. Ade, salah satu pegiatnya bercerita tentang bagaimana susah senangnya ia memulai dan mengumpulkan teman-teman untuk peduli dan ikut dalam kegiatan yang ia inisisasi.
Cerita ia mulai dari masalah, stigma masyarakat sekitar yang cenderung menganggap aneh alias freak. Meluangkan waktu untuk mengurus taman bacaan dan kegiatan pemuda lainnya. Memang di kampung tempat tinggalnya, masyarakat lebih banyak berprofesi sebagai petani, tukang bangunan dan lainnya.
“Namun perlahan waktu, setelah banyak anak-anak berkumpul, membaca dan mulai aktif belajar bahasa Inggris, masyarakat sekitar mulai memberikan support, bahkan sekarang sering dijadikan tempat ngumpul ibu-ibu dan remaja putri, ungkapnya.

Tidak hanya mengembangkan literasi, disini juga ada kegiatan asyik seperti permainan tradisional, nongkrong bareng, diskusi n sharing, kreatifitas (buat mainan tradisional, daur ulang kertas, sablon, ukir buku) dan lain-lain... to be continued... masih ada yang seru-seru disini... Oh ya ini alamat fanspagenya: https://www.facebook.com/Kampung-Kertas-1243344592385159/?fref=ts

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Ujian UT ISIP4112 | Pengantar Ilmu Ekonomi dan Kunci Jawaban

1. Jika harga suatu barang turun, maka permintaan akan barang tersebut naik. Pernyataan tersebut termasuk dalam bahasan ekonomi …. a. positif b. normatif c. deskriptif d. teori Jawab: a. benar 2. Sistem ekonomi pasar berbasiskan pada .... a. Peraturan pemerintah b. Kekuasaan kepemilikan sumber daya atau factor produksi kepada rakyat yang diwakilkan melalui pemerintah c. Kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi d. Sistem ekonomi sosialis dimana pemerintah membuat semua kebijakan ekonomi Jawab: c. benar 3. Melarang monopoli dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat dari aktivitas ekonomi merupakan fungsi pemerintah dalam hal ... a. Mengoreksi kegagalan pasar demi efisiensi b. Membuat program untuk melakukan pemerataan pendapatan c. Membuat kebijakan moneter d. Mengoreksi kebijakan sebelumnya Jawab: a. benar 4. Pernyataan hukum permintaan yang paling tepat adalah .... a. Jika harga suatu jenis barang semakin

Soal Ujian UT SKOM4101 || Pengantar Ilmu Komunikasi Beserta Kunci Jawaban

1. Komunikasi dapat diakatakan sebagai urat nadi kehidupan manusia karena .... A. manusia melakukan kegiatan komunikasi sejak lahir B. komunikasi dilakukan oleh manusia secara terus menerus selama proses kehidupan C. komunikasi membuat seseorang menjadi tidak terasing dengan lingkungannya D. komunikasi membuat seseorang mampu mengenali diri sendiri Jawab: B. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 2. Ada beberapa definisi tentang komunikasi, salahsatu definis tersebut menjelaskan bahwa pada dasarnya komunikasi memiliki lima komponen yaitu sumber, pesan, media, khalayak dan dampak. Definisi tersebut dikemukakan oleh .... A. Barlnlund B. Weaver C. Shanon D. Lasswell Jawab: D. Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar 3. Ciri yang melekat pada komunikasi yang bersifat transaksional adalah ... A. adanya penggunaan lambang-lambang dalam kegiatan komunikasi B. pelaku komunikasi tidak harus hadir dalam satu ruangan C. komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan tujuan dari para

Perbedaan antara Ejaan Van Ophuijsen, Ejaan Suwandi, dan EYD

1            Ejaan Van Ophuijsen mempunyai ciri-ciri khusus diantaranya: 1)        Masih menggunakan huruf/   j /   untuk bunyi huruf / y /  seperti contoh  yang  atau  Sayang   ditulis dengan    jang, sajang. 2)        Masih menggunakan huruf  / oe/   untuk untuk bunyi huruf / u/  seperti kata  itu  dan  guru  ditulis dengan  itoe  dan  guroe . 3)        Masih Menggunakan Tanda diakritik, seperti koma ain / ’ / seperti contoh  ma’moer, ‘akal,  dan huruf  / k / ditulis dengan tanda / ’ / pada akhir kata misalnya  bapa’ , ta’ 4)        Jika pada suatu kata berakhir dengan huruf / a / mendapat akhiran / i /, maka di atas akhiran itu diberi tanda trema / ’ /    ta’, pa’, dinamai’ 5)         Huruf / c / yang pelafalannya keras diberi tanda / ’ / diatasnya. 6)        Kata ulang diberi angka 2, misalnya:  jalan2  ( jalan - jalan ) 7)         Kata majemuk dirangkai ditulis dengan 3 cara : a.         Dirangkai menjadi satu, misalnya /hoeloebalang, apabila/, dsb. b.